Pemahaman berasal dari kata paham yang mempunyai arti mengerti benar, sedangkan pemahaman merupakan proses perbuatan cara memahami (Em Zul, Fajri & Ratu Aprilia Senja, 2008 : 607-608)
Pemahaman
berasal dari kata paham yang artinya (1) pengertian; pengetahuan yang banyak,
(2) pendapat, pikiran, (3) aliran; pandangan, (4) mengerti benar (akan); tahu
benar (akan); (5) pandai dan mengerti benar. Apabila mendapat imbuhan me- i
menjadi memahami, berarti : (1) mengerti benar (akan); mengetahui benar, (2)
memaklumi. Dan jika mendapat imbuhan pe- an menjadi pemahaman, artinya (1)
proses, (2) perbuatan, (3) cara memahami atau memahamkan (mempelajari
baik-baik supaya paham) (Depdikbud, 1994: 74). Sehingga dapat diartikan bahwa
pemahaman adalah suatu proses, cara memahami cara mempelajari baik-baik supaya
paham dan pengetahuan banyak.
Menurut
Poesprodjo (1987: 52-53) bahwa pemahaman bukan kegiatan berpikir semata,
melainkan pemindahan letak dari dalam berdiri disituasi atau dunia orang lain.
Mengalami kembali situasi yang dijumpai pribadi lain didalam erlebnis (sumber
pengetahuan tentang hidup, kegiatan melakukan pengalaman pikiran), pengalaman
yang terhayati. Pemahaman merupakan suatu kegiatan berpikir secara diam-diam,
menemukan dirinya dalam orang lain.
Pemahaman (comprehension),
kemampuan ini umumnya mendapat penekanan dalam proses belajar mengajar.
Menurut Bloom “Here we are using the tern “comprehension“ to include
those objectives, behaviors, or responses which represent an understanding of
the literal message contained in a communication.“ Artinya : Disini
menggunakan pengertian pemahaman mencakup tujuan, tingkah laku, atau tanggapan
mencerminkan sesuatu pemahaman pesan tertulis yang termuat dalam satu
komunikasi. Oleh sebab itu siswa dituntut memahami atau mengerti apa yang
diajarkan, mengetahui apa yang sedang dikomunikasikan dan dapat memanfaatkan
isinya tanpa keharusan menghubungkan dengan hal-hal yang lain. (Bloom Benyamin,
1975: 89).
Pemahaman
mencakup kemampuan untuk menangkap makna dan arti dari bahan yang dipelajari
(W.S. Winkel, 1996: 245). W.S Winkel mengambil dari taksonmi Bloom, yaitu suatu
taksonomi yang dikembangkan untuk mengklasifikasikan tujuan instruksional.
Bloom membagi kedalam 3 kategori, yaitu termasuk salah satu bagian dari aspek
kognitif karena dalam ranah kognitif tersebut terdapat aspek pengetahuan,
pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi. Keenam aspek di bidang
kognitif ini merupakan hirarki kesukaran tingkat berpikir dari yang rendah sampai
yang tertinggi.
Hasil belajar
pemahaman merupakan tipe belajar yang lebih tinggi dibandingkan tipe belajar
pengetahuan (Nana Sudjana, 1992: 24) menyatakan bahwa pemahaman dapat dibedakan
kedalam 3 kategori, yaitu : (1) tingkat terendah adalah pemahaman terjemahan,
mulai dari menerjemahkan dalam arti yang sebenarnya, mengartikan dan menerapkan
prinsip-prinsip, (2) tingkat kedua adalah pemahaman penafsiran yaitu
menghubungkan bagian-bagian terendah dengan yang diketahui berikutnya atau
menghubungkan beberapa bagian grafik dengan kejadian, membedakan yang pokok
dengan yang tidak pokok dan (3) tingkat ketiga merupakan tingkat pemaknaan
ektrapolasi.
Memiliki
pemahaman tingkat ektrapolasi berarti seseorang mampu melihat dibalik yang
tertulis, dapat membuat estimasi, prediksi berdasarkan pada pengertian dan
kondisi yang diterangkan dalam ide-ide atau simbol, serta kemempuan membuat
kesimpulan yang dihubungkan dengan implikasi dan konsekuensinya.
Sejalan dengan
pendapat diatas, (Suke Silversius, 1991: 43-44) menyatakan bahwa pemahaman
dapat dijabarkan menjadi tiga, yaitu : (1) menerjemahkan (translation),
pengertian menerjemahkan disini bukan saja pengalihan (translation), arti
dari bahasa yang satu kedalam bahasa yang lain, dapat juga dari konsepsi
abstrak menjadi suatu model, yaitu model simbolik untuk mempermudah orang
mempelajarinya. Pengalihan konsep yang dirumuskan dengan kata –kata kedalam
gambar grafik dapat dimasukkan dalam kategori menerjemahkan, (2)
menginterprestasi (interpretation), kemampuan ini lebih luas
daripada menerjemahkan yaitu kemampuan untuk mengenal dan memahami ide utama
suatu komunikasi, (3) mengektrapolasi(Extrapolation), agak lain dari
menerjemahkan dan menafsirkan, tetapi lebih tinggi sifatnya. Ia menuntut
kemampuan intelektual yang lebih tinggi.
Menurut
Suharsimi Arikunto (1995: 115) pemahaman (comprehension) siswa diminta
untuk membuktikan bahwa ia memahami hubungan yang sederhana diantara
fakta-fakta atau konsep. Menurut Nana Sudjana (1992: 24) pemahaman dapat
dibedakan dalam tiga kategori antara lain : (1) tingkat terendah adalah
pemahaman terjemahan, mulai dari menerjemahkan dalam arti yang sebenarnya,
mengartikan prinsip-prinsip, (2) tingkat kedua adalah pemahaman penafsiran,
yaitu menghubungkan bagian-bagian terendah dengan yang diketahui berikutnya,
atau menghubungkan dengan kejadian, membedakan yang pokok dengan yang bukan
pokok, dan (3) tingkat ketiga merupakan tingkat tertinggi yaitu pemahaman
ektrapolasi.
Terima kasih, sangat bermanfaat.
BalasHapusBisa diposting daftar pustakanya pak?
maaf sebelum sya baru bisa bales. datar pustaka menurut siapa, ntar sya judul bukunya sya mail
Hapusboleh minta daftar pustakanya pak?
HapusBoleh minta daftar pustakanya untuk waktu Winkelmann dan Em Zul ,Fajri dan ratu Aprilia senja
Hapusartikelnya sangat membantu dalam penambahaan wawasan,bolek mnta dafta pustaka artikel di atas pak terima kasih
BalasHapusSangat bermanfaat pak ... Boleh minta Daftar Pustaka yang di pakai ? sebelumnya trimakasih
BalasHapusBoleh minta daftar pustakanya pak?
BalasHapusBoleh minta daftar pustakanya pak ?, tetimakasih sebelum nya
BalasHapusMasyaAllah artikelnya sangat membantu. Boleh minta daftar pustakanya pak?!
BalasHapussangat membantu boleh minta dftar pustakanya pak
BalasHapusterima kasih pak, izin minta daftar pustakanya
BalasHapusTerima kasih atas ilmunya, Pak. Saya izin minta daftar pustakanya ya, pak. Trima kasih pak
BalasHapusMohon izin pak, boleh minta daftar pustakanya?
BalasHapusboleh saya minta daftar pustakanya kak ? terima kasih
BalasHapusboleh saya minta daftar pustakanya kak ?
BalasHapusSangat membantu untuk tugas akhir saya. Bisa minta daftar pustakanya
BalasHapusSangat membantu untuk tugas akhir saya. Bisa minta daftar pustakanya
BalasHapusboleh minta daftar pustakanya kak, terimakasih sebelumnya
BalasHapuspak boleh mintak daftar pustakanya pak... terimakasih banyk sebelumnya pak...
BalasHapus