TERMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KEBLOG SAYA TOLONG SARANYA ATAS BOLG INI

Sabtu, 07 April 2012

HAKEKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD


Kata matematika sering diartikan sebagai ilmu berhitung, atau ilmu yang berkaitan dengan bilangan dan angka-angka atau bahkan simbol-simbol [1]. Secara Istilah dalam menguraikan tentang hakekat matematika banyak dikemukakan beberapa pendapat tokoh dari sudut pandangnya masing-masing. Sementara itu tokoh lain yaitu Herman Hudoyo mengatakan bahwa hakekat matematika adalah ”Berkenaan dengan ide-ide, struktur, dan hubungannya yang di atur menurut urutan yang logis[2].
Sementara itu R.Soejadi mengemukakan beberapa pendapat mengenai hakekat matematika yaitu [3] :
a.       Matematika adalah cabang ilmu pengetahuan eksak dan terorganisir secara sistematik.
b.      Matematika adalah pengetahuan tentang bilangan dan kalkulasi
c.       Matematika adalah pengetahuan tentang penalaran logik dan berhubungan dengan bilangan.
d.      Matematika adalah pengetahuan tentang fakta-fakta kuantitatif dan masalah tentang ruang dan bentuk.
e.       Matematikan adalah pengetahuan tentang struktur-struktur yang logis.
f.        Matematika adalah pengetahuan tentang unsur-unsur yang ketat.

Jadi pengertian matematika secara epistimologi ilmu adalah bukan ilmu, melainkan merupakan bahasa artifisial yang bersifat eksak, cermat dan terhindar dari rona emosi, lambang-lambang matematika yang bersifat artifisial yang akan memiliki arti jika sebuah makna diberikan kepadanya.


[1] Muniri, Interpretasi Simbol Dalam Kehidupan”,makalah di sampaikan pada Sarasehan  Pendidikan oleh HMPS TMT STAINTA, 5 Juni 2004
[2] Herman Hudoyo, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran  Matematika (Malang : IKIP Malang, 2001), hal.96
[3]  R.Soedjadi, Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, (Jakarta : Dirjen Dikti, 1999) hal.11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar