TERMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KEBLOG SAYA TOLONG SARANYA ATAS BOLG INI

Sabtu, 07 April 2012

PENGERTIAN KARAKTERTISTIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR


Pembelajaran adalah proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru seagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau murid.[1]

Suatu pengertian yang hampir sama dikemukakan oleh Corey bahwa :
“Pembelajaran adalah Suatu proses dimana lingkungan seseorang secara sengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respon terhadap situasi tertentu. Pembelajaran merupakan sub-set khusus pendidikan”.[2]

Pembelajaran mempunyai dua karakteristik yaitu : Pertama, dalam proses pembelajran melibatkan proses mental siswa secara maksimal, bukan hanya menuntut siswa sekedar mendengar, mencatat, akan tetapi menghendaki aktivitas siswa dalam proses berfikir, Kedua, dalam pembelajaran membangun suasana dialogis dan proses tanya jawab terus menerus yang diarahkan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan berfikir siswa.
Dari pendapat-pendapat diatas menunjukkan bahwa pembelajaran berpusat pada kegiatan siswa belajar dan bukan berpusat pada guru mengajar. Oleh karena itu pada hakikatnya pembelajaran matematika adalah proses yang sengaja dirancang dengan tujuan untuk menciptakan suasana lingkungan yang memungkinkan pelajar melaksanakan atau belajar matematika, dan proses tersebut tidak terpusat pada guru pengajar matematika. Penbelajaran matematika harus memberikan peluang kepada peserta didik untuk berusaha dan mencari pengalaman tentang matematika.


[1] Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung : Alfabeta, 2003) hal.61
[2] Ibid, hal. 61

Tidak ada komentar:

Posting Komentar