TERMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KEBLOG SAYA TOLONG SARANYA ATAS BOLG INI

Selasa, 01 Mei 2012

PENGERTIAN MENULIS



Menulis adalah sebuah kegiatan yang sangat komplek, karena penulis harus mengendalikan bahasa pada level kalimat (struktur bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan pembentukkan hurup) serta level yang lebih luas dari kalimat (pengoranisasikan dan mengintegrasikan informasi menjadi sebuah paragraph-paragraf yang konhensif dan koheren), (Bel Dan Burnaby. 1984 dalam Syukur.G, 2010:320).
Dalam menulis terdapat aspek kebahasaan yaitu penggunaan tanda baca dan ejaan, penggunaan diksi, penataan kalimat, pengembangan paragraf, pengolahan gagasan, dan pengembang model karangan.
Para ahli mengklasifikasikan menulis sebagai berikut, (1) Narasi adalah tulisan yang menceritakan suatu hal berdasarkan urutan kronologis.Karangan ini terdiri atas rangkaian peristiwa yang sambung menyambung membentuk alur.Peristiwa-peristiwa itu terjadi pada para pelaku (tokoh) dan pada umumnya dikisahkan dengan meng­ambil suatu tempat sebagai latar, disertai suasana tertentu. (2) Deskripsi adalah tulisan yang bertujuan menggambarkan sesuatu seperti apa adanya atau seperti yang di­bayangkan penulisnya. Pembaca seakan-akan me­lihat, mendengarkan, merasa, atau lainnya sesuai dengan hal yang digambarkan. (3) Eksposisi adalah karangan yang berisi pemaparan tentang suatu masalah, pengertian,konsep atau proses dan menambah pengetahuan dan pandangan pembacanya. Sasarannya adalah menginformasikan sesuatu tanpa ada maksud mempengaruhi pembaca. (4) Argumentasi adalah karangan yang di­maksud untuk meyakinkan pembaca mengenai kebenaran yang disampaikan oleh pe­nulisnya.karena tujuan me­yakinkan pendapat, maka penulis akan meyakinkan secara logis, kritis, dan sistematis. (5) Persuasi adalah karangan yang bertujuan untuk mem­pengaruhi sikap dan pendapat pembaca mengenai sesuatu hal yang disampaikan pe­nulisnya. (Akhadiyah, 1998, 14-15).
a.    Fungsi dan Tujuan menulis
Fungsi utama menulis yaitu sebagai alat komunikasi yang tidak langsung.Me­nulis juga berfungsi untuk memudahkan para pelajar berfikir juga dapat menolong kita berfikir secara kritis dan juga dapat memudahkan kita merasakan dan menikmati hubungan-hubungan, memperdalam daya tanggap atau persepsi kita, memecahkan masalah-masalah yang kita hadapi.
b.    Manfaat Menulis
Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting dam besar man­­faatnya dalam kehidupan seseorang.Manfaat menulis sebagai berikut (1) menulis dapat digunakan untuk mengembangkan daya inisiatif dan kreatif.Berkaitan dengan unsur mekanik seperti bahasa, ejaan, dan tanda baca harus didukung juga denagn unsur kreativitas yang tidak bisa lepas dari kemampuan berfikir krisis yakni kemampuan untuk berinisiatif dan berkemampuan menciptakan hal-hal yang baru. (2) menulis juga dapt menyumbang kecerdasan. Dengan menulis dapat melahirkan pengetahuan,pe­ng­­alaman, jenis tulisan sehingga penyajiannya sesuai dengan konvensi tulisan. Untuk itu diperlukan pengetahuan dan pengalaman yang luas, kemampuan mengendalikan emosi, menata serta mengembangkan ide dengan daya nalar dalam berbagai level ber­fikir. (3) menulis juga dapat menumbuhkan keberanian. Pada saat menulis akan timbul rasa ke­beranian yang meliputi pemikiran, perasaan, sikap, dan gaya untuk di­sampaikan kepada pembaca. Karena itu penulis harus berani menerima berbagai keritikan dari pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar