a. Pengertian Media
Dalam bahasa Arab media berarti perantara atau
pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan (Azhar.A,2008:3).Sedangkan
media Menurut briggs 1970 dalam Sadirman (2007: 86) “ segala alat fisik yang
dapat di sajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.Sedangkan dalam “
pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan
keinginan dan minat jyang baru, dan
bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa” (Hamalik(1986 dalam
Azhar.A.2008:15).
Jadi media pengajaran adalah sarana atau alat bantu
perantara yang digunakan guru atau siswa dalam proses belajar mengajar untuk
menyalurkan pesan/informasi pembelajaran dari sumber pesan ke penerima pesan
yang dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan siswa serta mencegah
vebalisme sehingga mempertinggi efektifitas dan efisien dalam mencapai tujuan.
Dari defenisi di atas dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran memberikan kejelasan dan memperlancar jalannya proses
belajar mengajar, serta dapat mengaktifkan komunikasi interaksi antara guru
dengan siswa dan memberikan informasi dari suatu sumber atau pengirim kepada
penerimanya sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, dan minat serta
perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar yang efektif terjadi.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa media
pembelajaran wahana penyalur atau wadah pesan pembelajaran. Media pembelajaran
mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Disamping
dapat menarik perhatian siswa, media pembelajaran juga dapat menyampaikan
pesan yang ingin disampikan dalam setiap pembelajaran.Dalam pembelajaran di
sekolah, guru dapat menciptakan suasana belajar yang sangat menarik dengan
memanfaatkan media pembelajaranyang kreatif, inovatif, dan variatif.Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang
dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapt
merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar
untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
b. Manfaat Media
Secara umum media merupakan kata jamak dari “medium”, yang
berarti perantara atua pengantar, media dalam bidang teknik.Istilah media
digunakan juga dalam bidang pengajaran atau pendidikan sehingga istilahnya
menjadi media pendidikan atau media pembelajaran. Adapun manfaat media
pembelajaran menurut Sujana Dan
Rivai Dalam Azhar.A (2008:24) ”Manfaat
media pembelajaran adalah 1) pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa
sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar, 2) Bahan pembelajaran akan lebih
jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya
menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran 3) metode pengajaran akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi
verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru. 4) siswwa dapat lebih banyak melakukan
kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru.
c.
Jenis-jenis
Media
Menurut Seels
dan Glosgow 1990 dalam Azhar.A. (2008:33-35) membedakan media berdasarkan
perkembangan teknologi menjadi dua kelompok besar, yaitu media tradisional dan
media mutakhir.
1)
Media
tradisional, meliputi.
a)
Visual diam
yang diproyeksikan (opaque, overhead projektor, slides, film strips),
b)
Visual yang
tidak diproyeksikan (gambar, poster. Foto, charts, grafik, papan info,
pameran),
c)
Audio (rakaman
kaset, audio),
d)
Multimedia
(slide suara),
e)
Visual dinamis
yang diproyeksikan (film, televisi, vidio),
f)
Bahan cetak
(buku teks, modul, majalah, hand out),
g)
Permainan
(games), dan Realita.
2)
Media Mutakhir,
meliputi
a)
Media berbasis
komunikasi (teleconferensi, elearning) dan
b)
Media berbasis
mikroprosesor (permainan komputer, hypermedia, CAI, hypertext)
Dalam hal ini
penelit mengunakan media gambar dalam penulis narasi karena media gambar adalah
media yang paling umum dipakai, siswa
lebih menyukai gambar daripada tulisan, apalagi jika gambar dibuat dan
disajikan sesuai dengan persyaratan yang baik, sudah tentu akan menambah motivasi
siswa dalam mengikuti proses pembelajaran karena kemudahan itulah penulis
menggunakan media gambar menurut Sadiman (2007:29 ) “media gambar adalah media
yang paling umum dipakai, yang merupakan bahasan umum yang dapat dimengerti dan
dinikmati dimana”. Oleh karena itu dalam mengembangkan alat peraga agar para
murid menjadi senang belajar menulis narasi. Jadilah kelebihan alat peraga
visual walupun media tradisonal tetapi sebagai salah satu dari media
pembelajaran yang efektif, hal itu diungkapkan oleh pendapat Hamalik, (1994:
95) Media gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual kedalam
bentuk 2 dimensi sebagai curahan ataupun pikiran yang bermacam-macam seperti
lukisan, potret, slide, film, strip, opaque proyektor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar