TERMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KEBLOG SAYA TOLONG SARANYA ATAS BOLG INI

Rabu, 02 Mei 2012

PENGETIAN MEDIA PEMBELAJARAN


 a.  Pengertian Media
Dalam bahasa Arab media berarti perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan (Azhar.A,2008:3).Sedangkan media Menurut briggs 1970 dalam Sadirman (2007: 86) “ segala alat fisik yang dapat di sajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.Sedangkan dalam “ pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan  minat jyang baru, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa” (Hamalik(1986 dalam Azhar.A.2008:15).
Jadi media pengajaran adalah sarana atau alat bantu perantara yang digunakan guru atau siswa dalam proses belajar mengajar untuk menyalurkan pesan/informasi pembelajaran dari sumber pesan ke pe­nerima pesan yang dapat me­rangsang pikiran, perasaan dan kemauan siswa serta men­cegah vebalisme sehingga mem­pertinggi efektifitas dan efisien dalam mencapai tujuan.
Dari defenisi di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran memberikan kejelasan dan memperlancar jalannya proses belajar mengajar, serta dapat mengaktifkan komunikasi interaksi antara guru dengan siswa dan memberikan informasi dari suatu sumber atau pengirim kepada penerimanya sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar yang efektif terjadi.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa media pembelajaran wahana penyalur atau wadah pesan pembelajaran. Media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Disamping dapat menarik perhatian siswa, media pem­belajaran juga dapat menyampaikan pesan yang ingin disampikan dalam setiap pem­belajaran.Dalam pembelajaran di sekolah, guru dapat menciptakan suasana belajar yang sangat menarik dengan memanfaatkan media pembelajaranyang kreatif, inovatif, dan variatif.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), se­hingga dapt merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
b.  Manfaat Media
Secara umum media merupakan kata jamak dari “medium”, yang berarti perantara atua pengantar, media dalam bidang teknik.Istilah media digunakan juga dalam bidang pengajaran atau pendidikan sehingga istilahnya menjadi media pendidikan atau media pembelajaran. Adapun manfaat media pembelajaran menurut Sujana Dan Rivai Dalam Azhar.A (2008:24)   ”Manfaat media pembelajaran adalah 1) pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar, 2) Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran 3) metode pengajaran akan lebih  bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru. 4) siswwa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru.
c.   Jenis-jenis Media
Menurut Seels dan Glosgow 1990 dalam Azhar.A. (2008:33-35) membedakan media berdasarkan perkembangan teknologi menjadi dua kelompok besar, yaitu media tradisional dan media mutakhir.
1)      Media tradisional, meliputi.
                                                         a)         Visual diam yang diproyeksikan (opaque, overhead projektor, slides, film strips),
                                                       b)         Visual yang tidak diproyeksikan (gambar, poster. Foto, charts, grafik, papan info, pameran),
                                                         c)         Audio (rakaman kaset, audio),
                                                         d)         Multimedia (slide suara),
                                                         e)         Visual dinamis yang diproyeksikan (film, televisi, vidio),
                                                          f)         Bahan cetak (buku teks, modul, majalah, hand out),
                                                         g)         Permainan (games), dan Realita.
                                   2)           Media Mutakhir, meliputi
                                                        a)         Media berbasis komunikasi (teleconferensi, elearning) dan 
                                                  b)         Media berbasis mikroprosesor (permainan komputer, hypermedia, CAI, hypertext)
Dalam hal ini penelit mengunakan media gambar dalam penulis narasi karena media gambar adalah media yang paling umum dipakai,  siswa lebih menyukai gambar daripada tulisan, apalagi jika gambar dibuat dan disajikan sesuai dengan persyaratan yang baik, sudah tentu akan menambah motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran karena kemudahan itulah penulis menggunakan media gambar menurut Sadiman (2007:29 ) “media gambar adalah media yang paling umum dipakai, yang merupakan bahasan umum yang dapat dimengerti dan dinikmati dimana”. Oleh karena itu dalam mengembangkan alat peraga agar para murid menjadi senang belajar menulis narasi. Jadilah kelebihan alat peraga visual walupun media tradisonal tetapi sebagai salah satu dari media pembelajaran yang efektif, hal itu diungkapkan oleh pendapat Hamalik, (1994: 95) Media gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual kedalam bentuk 2 dimensi sebagai curahan ataupun pikiran yang bermacam-macam seperti lukisan, potret, slide, film, strip, opaque proyektor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar