Penilaian
portofolio merupakan penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan
informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan siswa dalam satu periode
tertentu. Informasi tersebut dapat berupa karya siswa dari proses pembelajaran
yang dianggap terbaik, hasil tes (bukan nilai) atau bentuk informasi lain yang
terkait dengan kompetensi tertentu dalam satu mata pelajaran.
Penilaian
portofolio pada dasarnya menilai karya-karya siswa secara individu pada satu
periode untuk suatu mata pelajaran. Akhir suatu priode, hasil karya tersebut
dikumpulkan dan dinilai oleh guru dan siswa. Berdasarkan informasi perkembangan
tersebut, guru dan siswa dapat menilai perkembangan kemampuan siswa
kemudian melakukan perbaikan. Dengan demikian, portofolio dapat
memperlihatkan perkembangan kemajuan belajar siswa melalui karyanya, antara
lain: karangan, puisi, surat, catatan perkembangan pekerjaan, hasil diskusi,
hasil membaca buku/ literatur, hasil penelitian, hasil wawancara, dsb.
Hal-hal
yang perlu diperhatikan dan dijadikan pedoman dalam penggunaan penilaian
portofolio, antara lain:
1.
Karya
siswa adalah benar-benar karya sendiri. Guru melakukan penelitian atas hasil
karya siswa yang dijadikan bahan penilaian portofolio agar karya tersebut
merupakan hasil karya sendiri.
2.
Saling
percaya antara guru dan siswa
3. Dalam proses penilaian guru dan siswa harus memiliki rasa saling percaya, saling memerlukan dan saling membantu sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan
baik.
4.
Kerahasiaan
bersama antara guru dan siswa
5.
Kerahasiaan
hasil pengumpulan informasi perkembangan siswa perlu dijaga dengan baik dan
tidak disampaikan kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan sehingga
berdampak negatif pada proses pembelajaran.
6.
Milik
bersama (joint ownership) antara siswa dan guru
7.
Guru
dan siswa perlu mempunyai rasa memiliki berkas portofolio sehingga berupaya
terus meningkatkan kemampuannya.
8.
Kepuasan
9.
Hasil
kerja portofolio sebaiknya berisi keterangan dan atau bukti yang memberikan
dorongan kepada siswa untuk lebih meningkatkan diri.
10. Kesesuaian
11. Hasil kerja yang dikumpulkan adalah hasil kerja yang sesuai
dengan kompetensi yang tercantum dalam kurikulum.
12. Penilaian proses dan hasil
13. Penilaian portofolio menerapkan prinsip proses dan hasil.
Proses belajar yang dinilai misalnya diperoleh dari catatan guru tentang
kinerja dan karya siswa.
14. Penilaian dan pembelajaran
Penilaian
portofolio merupakan hal yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran. Manfaat
utama penilaian ini sebagai diagnostik yang sangat berarti bagi guru untuk
melihat kelebihan dan kekurangan siswa.
Teknik penilaian portofolio
memerlukan langkah-langkah sebagai berikut:
- Jelaskan kepada siswa bahwa penggunaan portofolio, tidak hanya merupakan kumpulan hasil kerja siswa yang digunakan oleh guru untuk penilaian, tetapi digunakan juga oleh siswa sendiri. Dengan melihat portofolionya siswa dapat mengetahui kemampuan, keterampilan, dan minatnya. Proses ini tidak akan terjadi secara spontan, tetapi membutuhkan waktu bagi siswa untuk belajar meyakini hasil penilaian mereka sendiri.
- Tentukan bersama siswa sampel-sampel portofolio apa saja yang akan dibuat. Portofolio antara siswa yang satu dan yang lain bisa berbeda.
- Kumpulkan dan simpanlah karya-karya tiap siswa dalam satu map atau folder di rumah masing atau loker masing-masing di sekolah.
- Berilah tanggal pembuatan pada setiap bahan informasi perkembangan siswa sehingga dapat terlihat perbedaan kualitas dari waktu ke waktu.
- Tentukan kriteria penilaian sampel portofolio dan bobotnya dengan para siswa. Diskusikan cara penilaian kualitas karya para siswa. Contoh, Kriteria penilaian kemampuan menulis karangan yaitu: penggunaan ejaan, pilihan kata, kelengkapan gagasan, dan sistematika penulisan. Dengan demikian, siswa mengetahui harapan (standar) guru dan berusaha mencapai standar tersebut.
Setelah suatu karya dinilai dan
nilainya belum memuaskan, maka siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki.
Namun, antara siswa dan guru perlu membuat perjanjian mengenai jangka waktu
perbaikan, misalnya 2 minggu karya yang telah diperbaiki wajib diserahkan
kembali.
Contoh
Rangkuman Penilaian Portofolio
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Alokasi
Waktu : 1 Semester
Nama Siswa :
_________________
Kelas/Smt
No
|
SK / KD
|
Skor
|
Prestasi
|
Keterangan
|
|
(1 – 10)
|
T
|
BT
|
|||
1.
|
Menanggapi siaran atau informasi
dari televisi/radio
|
||||
2.
|
Dst
|
||||
Total Skor
|
Catatan:
Setiap Standar Kompetensi atau Kompetensi Dasar
yang masuk dalam daftar portofolio dikumpulkan dalam satu file (tempat) untuk
setiap peserta didik sebagai bukti pekerjaannya. Kemudian Guru menjelaskan
bobot dari setiap portofolio yang dibuat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar