TERMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KEBLOG SAYA TOLONG SARANYA ATAS BOLG INI

Sabtu, 07 April 2012

PENGERTIAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL


 Beberapa definisi pembelajaran Kontekstual menurut beberapa tokoh dikemukakan sebagai berikut :
a.       Menurut Johnson
Pembelajaran kontekstual merupakan suatu proses pendidikan yang bertujuan membantu siswa melihat makna dalam pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkannya dengan konteks lingkungan pribadinya, sosialnya, dan budayanya.[1]
b.      Menurut The Washington
Pengajaran Kontekstual adalah pengajaran yang memungkinkan siswa memperkuat, memperluas, dan menerapkan pengetahuan dan ketrampilan akademisnya dalam berbagai latar sekolah dan luar sekolah untuk memecahkan seluruh persoalan yang ada dalam dunia nyata.
Pengajaran dan pembelajaran Kontesktual menekankan berfikir tingkat tinggi, transfer pengetahuan melalui disiplin ilmu, dan mengumpulkan, menganalisis serta mensintesiskan informasi dan data dari berbagai sumber dan sudut pandang.[2]
Dari beberapa pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran kontekstual matematika adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, sementar siswa memperoleh pengetahuan dan ketrampilan dari konteks yang terbatas sedikit-demi sedikit, dan dari proses mengkonstruksi sendiri, sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat. 


[1] Nurhadi, Burhan Yasin, Pmebelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, (Malang : Universitas Negeri Malang, 2004) hal. 12
[2] Ibid, hal.12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar