Beberapa definisi pembelajaran Kontekstual menurut beberapa tokoh
dikemukakan sebagai berikut :
a.
Menurut Johnson
Pembelajaran
kontekstual merupakan suatu proses pendidikan yang bertujuan membantu siswa
melihat makna dalam pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkannya
dengan konteks lingkungan pribadinya, sosialnya, dan budayanya.[1]
b.
Menurut The Washington
Pengajaran
Kontekstual adalah pengajaran yang memungkinkan siswa memperkuat, memperluas,
dan menerapkan pengetahuan dan ketrampilan akademisnya dalam berbagai latar
sekolah dan luar sekolah untuk memecahkan seluruh persoalan yang ada dalam dunia
nyata.
Pengajaran dan
pembelajaran Kontesktual menekankan berfikir tingkat tinggi, transfer
pengetahuan melalui disiplin ilmu, dan mengumpulkan, menganalisis serta mensintesiskan
informasi dan data dari berbagai sumber dan sudut pandang.[2]
Dari beberapa
pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran kontekstual matematika
adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata kedalam kelas dan
mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan
penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, sementar siswa memperoleh
pengetahuan dan ketrampilan dari konteks yang terbatas sedikit-demi sedikit,
dan dari proses mengkonstruksi sendiri, sebagai bekal untuk memecahkan masalah
dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar